Bacaan Doa Berlindung Dari Segala Penyakit Latin dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kabar baik untuk semua teman-teman pembaca yang berbahagia. Semoga demikian selalu. Saat artikel ini ditulis kita sudah memasuki bulan yang mulia. Kedatangannya ditunggu-tunggu oleh segenap masyarakat muslim dari berbagai bangsa di dunia. Itulah bulan suci ramadhan. Sampai-sampai di berbagai tempat yang ramai dipenuhi ucapan marhaban ya ramadhan. Termasuk pula masjid yang ada di mana-mana tentunya. Di media sosial pun juga dibanjiri dengan ucapan marhaban ya ramadhan dan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh kaum muslimin. Memang di bulan ramadhan setiap muslim memiliki kewajiban mengerjakan ibadah wajib puasa selama sebulan penuh. Bahkan ini termasuk dari rukun Islam yang lima. Gagap gempita menyambut bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan ini pun menggema.

Ada satu hal yang berbeda pada tahun ini. Maksud kami bulan ramadhan 1441 hijriyah tahun ini dibandingkan dengan ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Bukan masalah ibadah puasa atau ibadah lainnya. Akan tetapi, pada tahun ini kita sedang menjalankan ibadah puasa di tengah-tengah adanya pandemi penyakit dari virus corona covid 19. Hingga saat ini sudah banyak korban meninggal dunia akibat terjangkit penyakit yang satu ini. Tidak hanya satu benua saja. Yang pada awalnya hanya di beberapa negara di benua asia saja terdapatnya. Tetapi kini penyakit itu telah menyebar sampai benua eropa, afrika, hingga amerika.

Menghadapi hal ini, tentu ada rasa was-was dan khawatir kalau-kalau penyakit tersembut sampai ke wilayah kita masing-masing. Para ahli medis dan juga pemerintah di berbagai negara membuat sebuah aturan yang dimaksudkan untuk mencegah agar penyakit virus corona covid 19 ini tidak semakin menyebar dan menimbulkan lebih banyak lagi korban yang berjatuhan. Diantara aturan tersebut yakni agar masyarakat menghindari kerumunan manusia. Hendaknya tiap orang berdiam diri di rumah saja. Terkecuali memang harus pergi ke luar rumah untuk beberapa aktivitas yang memang amat penting. Setiap orang pun diharapkan menggunakan masker bilamana pergi dari rumahnya. Termasuk pula untuk rajin mencuci tangan dengan sabun agar bisa terbebas dari virus yang menempel di telapak tangan.

Bahkan ada yang lebih dari itu. Ada beberapa wilayah yang menerapkan lock down dan karantina wilayah. Hal ini dimaksudkan agar sebuah wilayah tidak kedatangan orang dari luar wilayah tersebut. Karena untuk mengantisipasi bila mana ada orang dari luar wilayah yang sudah terjangkit penyakit virus covid 19 ini. Di samping itu, orang yang berada di wilayah tersebut tidak boleh pula meninggalkan atau berpindah ke wilayah lain. Ini untuk menjaga agar jangan sampai ada orang yang sudah sakit di wilayah tersebut menjadi penyebar penyakit di wilayah lainnya. Pelaksanaan aturan seperti ini pun dilakukan dengan ketat. Kita sebagai muslim pun mestinya juga ikut melakukan usaha atau ikhtiar sebaik mungkin guna menghindari penyakit corona yang berbahaya tersebut.

Di samping melaksanakan usaha sebaik mungkin. Tentu saja usaha yang sesuai dengan petunjuk dari para ahli medis atau dokter serta pemerintah, kita pun tidak boleh melupakan doa atau permohonan kepada Allah subhananahu wa ta’ala agar terhindar dari penyakit yang berbahaya itu. Untuk lafazh doanya, teman-teman bisa menyimaknya berikut ini.

Doa Berlindung Dari Penyakit Lengkap Latin Artinya

Latinnya :
ALLAHUMMA INNII ‘AUUDZU BIKA MINAL BARASHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA SAYYI IL ASQAAM.
Artinya :
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.

Bacaan doa ini bersumber dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Memang penyakit yang jelek dan berbahaya itu banyak. Tetapi penyakit dari virus corona covid 19 juga terkategorikan sebagai yang berbahaya. Maka kita mesti memohon perlindungan kepada Allah subhananahu wa ta’ala Yang Maha Kuasa lagi Maha Pelindung agar selamat dari penyakit berbahaya itu. Hanya kepada-Nya lah segala urusan dikembalikan. Demikian semoga artikel ini bermanfaat selamanya bagi para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Sumber: https://poskajian.blogspot.com/2020/03/doa-berlindung-dari-penyakit-lengkap.html