Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Arab Latin Juga Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman, sebentar lagi kita akan memasuki hari raya idul fitri. Sering pula disebut hari lebaran. Di momen itu kita bertemu dengan seluruh anggota keluarga. Bahkan saudara kita yang rumahnya berjauhan pun bisa datang untuk bersilaturahmi. Padahal, selama setahun tidak pernah bertemu kecuali hanya melalui telpon. Meskipun sekarang kita bisa bertatap muka dengan video di telpon tetap saja berbeda bila bertatap muka secara sebearnya. Sungguh membahagiakan di hari tersebut. Seluruh sanak kerabat bisa berukumpul di dalam satu tempat.

Ada lagi yang istimewa di moment itu. Setiap malam hari pada sebelum hari raya kita sering mengikuti acara takbiran bersama. Ada yang mukim di masjid. Sebagian lagi melafazkan bacaan takbir hari raya idul fitri itu dengan cara keliling dari satu kampung ke kampung lainnya. Bila di perkotaan bisa mengelilingi satu kota itu. Secara beramai-ramai melakukannya sehinggi begitu semarak sekali. Anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua keluar rumah untuk mengikutinya. Untuk lafaz yang diucapkan adalah sebagai berikut.

bacaan takbir hari raya idul fitri

Latinnya :
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR. ALLAHU AKBAR WA LILLAA HIL HAMD.
Artinya :
“Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah maha besar Allah maha besar dan untuk Allah segala pujian.”

Atau bisa membaca takbir lainnya yakni :

bacaan takbir hari raya idul fitri dan idul adha

Latinnya :
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLALLAAHU WALLAAHU AKBAR. ALLAHU AKBAR WA LILLAA HIL HAMD.
Artinya :
“Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah maha besar Allah maha besar dan untuk Allah segala pujian.”

Pada hari raya idul adha juga kita ucapkan bacaan takbir hari raya. Mengenai lafaznya tidak berbeda sama sekali dengan saat kita bertakbir idul fitri. Barangkali hingga sekarang teman-teman sudah sering mengucapkannya. Akan tetapi belum tahu artinya. Nah, di blog ini silakan teman-teman membacanya. Insya Allah akan lebih paham dan memberikan manfaat yang besar. Akan mampu menambah kekhusyuan saat kita bertakbir hari raya. Terima kasih, sampai di sini dulu.