Doa Masuk Masjid Latin dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hari-hari kita selalu diisi dengan kegiatan ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Inti dari kehidupan memang ibadah. Diciptakannya manusia ini di dunia tujuannya agar mereka beribadah kepada Allah. Inilah hakikatnya. Akan tetapi, tidak jarang manusia lupa akan hal ini. Karena memang godaan hidup banyak sekali. Tidak setiap manusia mampu mengendalikan dirinya untuk tetap di jalan yang benar. Seharusnya hidupnya untuk ibadah kepada-Nya. Namun, malah ada yang mengisi kehidupannya dengan hal-hal yang jauh dari ibadah. Bahkan malah bermaksiat. Kita tentu tidak ingin seperti itu.

Dunia ini memang indah. Segala isinya baik manusia, hewan, tumbuhan, gunung, sungai, pemandangan alam, dan lain sebagainya menjadikan tertarik setiap yang memandang. Begitu juga alam raya yang luas ini. Bukan saja bumi tetapi juga benda-benda yang ada di langit. Di sana ada galaksi, bintang, planet, asteroid, dan meteroid. Semuanya ada ciptaan Allah yang Maha Agung lagi Maha Perkasa. Setiap mata yang memandang keindahan alam semesta akan terpukau. Luar biasa. Hal ini semakin menunjukkan kebesaran dan kemulian-Nya. Maka sangat aneh jika ada manusia yang tidak mau bersujud kepada-Nya.

Banyak aktivitas ibadah di dalam keseharian kita. Ada yang bisa dilakukan setiap hari. Ada pula yang harus menunggu pada momen tertentu. Ibadah puasa wajib misalnya. Bisa dilakukan tatkala sudah masuk bulan ramadhan. Melakukan ibadah haji juga demikian. Bisa dikerjakan tatkala sudah masuk bulan-bulan haji. Puncak dari haji adalah pada saat wukuf di padang Arafah. Orang yang mau shalat idul fitri maka baru bisa mengerjakannya tatkala sudah masuk 1 syawal. Orang yang mau melakukan ibadah puasa sunah senin kamis juga harus menunggu bila hari sudah masuk senin dan juga kamis. Namun, ada banyak pula ibadah yang itu bisa dilakukan tiap hari. Karena setiap hari kita mesti melakukannya. Misalnya shalat wajib lima waktu. Dari subuh, dhuhur, asar, maghrib dan isya kita wajib menjalankannya.

Di samping itu, ada juga ibadah yang mesti bukan wajib tetapi bernilai pahala yang banyak. Berdoa misalnya. Setiap hari kita punya kegiatan rutin yang sudah tidak perlu perencanaan lagi. Setiap insan manusia secara umum melakukannya. Kita makan dan minum setiap hari. Terkecuali kalau sedang berpuasa maka makan dan minumnya boleh dilakukan tatkala sahur sebelum subuh serta berbuka ketika sudah adzan shalat maghrib. Juga kita sering keluar dari rumah untuk bekerja, silaturahim ke tetangga, membeli kebutuhan keluarga, dan lain-lain. Contoh lainnya kita naik sebuah kendaraan. Tiap kita bepergian yang jauh maka kita pastinya naik kendaraan. Baik itu pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, mobil pribadi, sepeda motor, dan lainnya. Juga tatkala kita masuk ke dalam masjid. Kita sering bahkan tiap hari masuk atau keluar dari masjid. Semua aktivitas itu ada doanya.

Khusus untuk doa masuk masjid ini lafazhnya kita bahas di sini. Pertama karena kita sering masuk ke dalam masjid maka sudah selayaknya kita harus mengetahuinya. Sebelum menginjakan kakinya ke dalam masjid maka tidak lupa membaca doanya. Anak-anak hingga orang yang sudah tua mesti bisa menghafalnya. Dari menghafal inilah nanti bisa diamalkan dengan baik.

Latinnya :
BISMILLAAH WASSALAAMU ‘ALA RASUULILLAH. ALLAAHUMMAGHFIR LII DZUNUUBII WAFTAHLII ABWAABA RAHMATIK.
Artinya:
” Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu.”

dan bisa pula membaca doa lainnya yaitu :

doa masuk masjid pendek

Latinnya :
ALLAHUMMAF TAHLII ABWAABA RAHMATIK.
Artinya:
” Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu “.

Masjid merupakan tempat ibadah kaum muslimin. Maka masjid ini sangat penting di mata orang Islam. Kehidupan seorang muslim tidak bisa lepas dari masjid. Dengan memasang hati kita untuk selalu dekat dengan masjid maka kita akan mendapatkan banyak keberuntungan. Seperti makna doa yang cukup pendek di atas. Kita memohon dibukakan pintu-pintu rahmat bila kita memasuki masjid. Tentu saja di dalam masjid banyak rahmat yang akan diturunkan kepada kita yang memasukinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.