Doa Orang Yang Sedang Mengalami Kesulitan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Membicarakan masalah kesulitan memang tidaklah menarik. Karena kesulitan itu sendiri ingin dihindarkan dari kehidupan manusia. Kita tidak ingin kesulitan menerpa kehidupan. Tetapi memang hidup seseorang tidaklah sepi dari yang namanya kesulitan. Ibarat sebuah roda memang kadang ada di bawah dan kadang pula ada di atas. Terkadang manusia mendapatkan kemudahan. Tetapi suatu ketika pernah pula mengalami kesulitan.

Inilah yang namanya kehidupan. Meskipun demikian tentu setiap orang ingin agar hidupnya tidak diwarnai dengan kesulitan selalu. Bila mana ada sebuah kesulitan yang menimpa maka ingin segera hilang kesulitan tersebut. Dalam hal ini, doa memegang peranan yang penting sekali. Sebab dengan berdoa itu kita memohon pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Pertanyaan selanjutnya tentu harus tahu bagaimana lafadz doanya? Inilah yang perlu dicari jawabannya. Nah, mengenai lafadz doa orang yang mengalami kesulitan bisa kita simak berikut ini. Lengkap pula dengan latin maupun artinya.

doa orang yang kesulitan

latinnya:
ALLAAHUMMA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAA WA ANTA TAJ ‘ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAA.
Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Lafadz doa orang yang mengalami kesulitan tersebut tidaklah terlalu panjang. Dalam upaya untuk menghafalkannya tidaklah terlalu sulit. Sumber doa ini dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban. Sekarang, setelah mengetahui doanya tinggal bagaimana pengamalannya.

Terkait pengamalan sebuah doa sebetulnya tidaklah sulit. Tetapi memang perlu hafal terlebih dahulu untuk mengamalkannya. Bila sudah hafal maka untuk mengamalkannya tidaklah ada kesulitan sama sekali. Di saat ada kesulitan maka kita bisa membaca doa tersebut. Dengan izin Allah subhanahu wa ta’ala semoga kesulitan yang menimpa dapat segera terangkat dan teratasi. Solusi-solusi atas sebuah persoalan akan muncul dan dihadirkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.