Doa Panjang Umur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Membaca doa panjang umur menjadi kebutuhan setiap insan. Merupakan cara yang tepat bila kita menggunakan waktu luang untuk berbuat kebaikan. Seorang muslim tidak akan pernah kenyang untuk berbuat kebaikan. Meskipun sedari kecil ia sudah selalu membuahkan amal kebaikan. Sampai tua pun tidak pernah berhenti membuat kebaikan. Seluruh usianya dihabiskan untuk menghasilkan amal shalih. Umur yang panjang pun tetap diisi untuk membuat kebaikan.

Bila seseorang memiliki umur di dunia ini, maka pada hakikatnya kita sedang menikmati karunia Allah subhanahu wa ta’ala. Usia adalah nikmat. Ia perlu untuk diisi atau digunakan sesuai keinginan sang pemberi usia. Tiada lain yang memberi usia itu kecuali Allah Swt. Dia lah yang maha menguasai seluruh alam semesta ini. Kita mestinya selalu menyadari akan hal ini. Manusia merupakan makhluk yang lemah. Hanya dari pemberian-Nya kehidupan ini.

Siapa saja ingin memiliki umur atau usia yang panjang. Banyak hal bisa dilakukan dengan memiliki umur yang panjang. Hidup tidak lepas dari umur. Bilamana seorang masih hidup berarti ia masih memiliki umur. Umur merupakan satuan waktu yang dipakai untuk menghitung seberapa lama seseorang itu sudah hidup di dunia. Misalnya saja seseorang sudah 50 tahun waktunya hidup sejak dari dilahirkan ibunya. Berarti ia sudah 50 tahun umurnya di dunia. Rupa dunia ini memang indah. Wajar billa banyak orang yang terpukau dengan keindahannya. Waktu yang dimiliki seseorang di dunia bisa digunakan untuk menikmati segala keindahannya. Misalnya saja kita berkunjung ke pantai-pantai. Lihatlah bagaimana eloknya pemandangan di sana. Demikian pula bila kita ke pegunungan. Kita bisa saksikan asrinya pemandangan alam di sana. Begitu pula dengan tempat-tempat yang lainnya. Sangat luar biasa ciptaan Allah Swt. itu. Anehnya, masih ada sebagian manusia yang belum bisa menyadari keagungan penciptaan-Nya.

Memiliki umur yang panjang dipakai untuk sekadar menikmati keindahan alam. Ada pula yang digunakan untuk menikmati enaknya kuliner di seluruh penjuru dunia. Tiap hari sukanya berburu kuliner. Makan suatu masakan di tempat satu. Lalu hari berikutnya makan di tempat yang lain. Hari selanjutnya makan di tempat yang lain lagi. Seterusnya dan seterusnya. Kadang meluangkan waktu untuk ke luar negeri hanya untuk mencicipi masakan di sebuah negara yang dikunjungi. Habis uang tidak menjadi masalah baginya karena memang orang yang kaya.

Namun, seorang muslim tidak boleh lupa hakikat hidup di dunia ini. Diberi umur di dunia ini sebetulnya adalah kesempatan untuk menanam amal shalih atau kebaikan. Di akhirat sanalah nanti tempatnya untuk memanen dari apa yang sudah diperbuat di alam dunia. Diberinya umur hendaknya selalu disyukuri selalu. Cara mensyukurinya yakni salah satunya dengan mengisi umur kita dengan kebaikan dan segala kegiatan yang bermanfaat. Potensi amal shalih bagi orang yang panjang umurnya akan lebih besar.

Maka tak heran bila banyak orang yang menginginkan untuk panjang umurnya. Banyak cara yang bisa diusahakan. Misalnya dengan menjaga pola makan. Memilih makanan yang sehat dan bergizi. Tidak lupa pula yang seimbang. Artinya makanan yang dimakan itu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Ada protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan vitamin. Semuanya diperlukan oleh tubuh kita. Maka harus dipenuhi secara proporsional. Olah raga yang cukup pun juga perlu diperhatikan. Olah raga bisa menjadikan tubuh bugar dan sehat. Tidak mudah terserang penyakit. Mengelola stres juga amat penting untuk dilakukan. Orang yang mudah stress maka ia pun mudah sakit. Kekebalan tubuh seseorang akan menurun jika seseorang terkena stres.

Yang tak kalah penting ialah kita memohon kepada Allah Swt. Karena Dia lah yang memiliki umur itu. Segala daya dan upaya boleh untuk dilakukan. Tetapi doa harus didahulukan. Lafazh doa panjang umur mudah untuk dihafalkan. Apalagi kalau kita berkenan untuk mau meluangkan waktu khusus untuk menghafalnya. Akan lebih cepat hafalnya. Kita bisa simak lafazh doanya berikut ini.

doa panjang umur

Latinnya :
ALLAAHUMMA INNAANAS ALUKA THUULAL ‘UMURI, BITHTHAA ‘ATI, WAKHTIM LANAA BIL A’MAALISH SHAALIHAH.
Artinya :
” Ya Allah, kami mohon kepada-Mu umur yang panjang, umur yang selalu digunakan untuk taat kepada-Mu, dan akhirilah umur kami dengan perbuatan yang baik.”

atau bisa membaca :

doa memohon panjang umur

Latinnya :
ALLAAHUMMA THAWWIL UMUURANA, WA SHAHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA TSABBITS IIMAANANAA, WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQANAA, WA ILAL KHAIRI QARRIBNAA, WA ‘ANISYSYARRI AB’IDNAA, WAQDHI HAWAA IJANAA FIDDIINI WADDUN YAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI IN QADIIR.
Artinya :
” Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Kita bisa memilih salah satu doa panjang umur di atas. Bisa pula memakai semuanya. Sesudah selesai shalat kita baca doa memohon panjang umur tersebut. Di dalam lafazh doa itu juga ada permohonan diluaskan rezeki , di jauhkan dari keburukan, ditetapkan iman dan diberi kesehatan. Sebab semuanya amat saling berkaitan. Kita juga perlu mendoakan panjang umur untuk orang lain. Misalnya saja kepada orang tua, guru, teman, saudara dan tetangga. Semoga memberi manfaat untuk semua pembaca yang berbahagia.