Doa Setelah Adzan Dilengkapi Latin Serta Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Salam silaturahmi di hari yang amat cerah ini. Kita mendapatkan sebuah kesempatan yang amat baik. Sesuatu yang tidak bisa diperoleh oleh tiap orang yang namanya kesempatan itu. Wajar bila salah satu nikmat yang sering dilupakan oleh para manusia pada umumnya yakni kesempatan atau waktu yang luang. Jika kita punya kesempatan atau waktu luang maka itu bagian nikmat yang sungguh luar biasa.

Maka di dalam kesempatan yang baik ini ada hal penting untuk kita kupas. Kaitannya dengan mengisi waktu luang. Kami mencoba untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat. Kami ingin berbagi terkait doa dalam kehidupan sehari-hari. Teman-teman tentu biasa dalam tiap hari mendengar lantunan suara adzan dari masjid. Setiap kali masuk waktu shalat wajib lima waktu maka adzan akan berkumandang. Para muadzin lah yang mengumandangkannya.

Jadi amat besar sekali jasa dari para muadzin ini. Mereka tersebar di seluruh dunia. Tiap kali masuk waktu shalat maka adzan pasti berkumandang. Ini menjadi sebuah keistimewaan tersendiri. Siapa saja yang menjadi seorang muadzin maka ia telah memiliki keutamaan yang luar biasa.

Kalau dihitung-hitung, kira-kira bisakah kita menghitung berapa kali kita mendengar suara adzan? Coba saja dihitung? Tentu jawabannya akan banyak sekali kita mendengarnya. Boleh dikata tidak terhitung gitu. Karena begitu banyak kita mendengar adzan. Seperti yang kita ketahui bahwasannya tiap waktu shalat pasti berkumandang adzan. Maka tiap waktu shalat itulah kita akan mendengar suara adzan. Belum lagi dalam satu waktu shalat kita kadang tidak mendengar suara adzan sekali saja. Dalam satu waktu kadang ada banyak masjid yang adzan.

Apalagi kalau kita sedang berjalan atau dalam perjalanan. Kita bisa mendengar suara adzan berkali-kali hanya pada satu waktu saja. Sebab di daerah tertentu sudah adzan lalu kita berpindah ke daerah yang lain pada saat bersamaan juga adzan. Jadi, banyak sekali atau hingga tidak terhitung kita mendengar suara adzan.

Indahnya suara adzan memiliki perintah di balik itu bagi kita semua. Kita yang mendengar adzan jangan lupa untuk membaca doa setelah adzan dengan baik. Membaca dengan khusyuk dan fasih bacaanya. Ini yang kadang dari kita belum memahaminya dengan baik. Kita yang tidak sebagai muadzin punya tugas mendengar adzan dengan baik. Kita pun diperintahkan untuk membaca doa juga.

Mengenai lafadz doanya bisa teman-teman simak di bawah ini:

Doa Sesudah Adzan

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBA HADZIHID DA’WATIT TAAMMAH WASH SHALAATIL QAA-IMAH, AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WAL FADHIILAH, WAB’ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANILLLADZII WA ‘ADTAH.

Yang artinya :

” Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini, shalat (wajib) yang didirikkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan.”

Jangan lupa dalam membaca doa ini adalah saat sudah selesai kumandang adzan. Saat sudah selesai muadzin mengumandangkan adzan maka langsung segera kita membaca doa tersebut. Jangan tunggu lama. Langsung saja membacanya. Sebaiknya sebelum membaca doa di atas kita membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Mungkin ada lafadz doa setelah adzan yang lain dari yang tertulis di atas. Memang sangat mungkin hal itu. Akan tetapi, kami menganggap bukanlah masalah. Teman-teman bisa memilih lafadz doa yang mana terkait sesudah mendengar adzan ini. Boleh menggunakan doa seperti yang kami tulis di atas. Atau boleh pula teman-teman memilih doa yang lainnya.