Inilah Aplikasi Pemutar Video Di Komputer

Inilah Aplikasi Pemutar Video Di Komputer

Hampir setiap hari kita selalu menggunakan perangkat komputer. Baik sifatnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tertumpuk atau pun bersantai saja. Bisa dikatakan komputer kini menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar manusia. Di dalam komputer memang tersimpan berbagai fasilitas yang amat mendukung pekerjaan kita. Termasuk berbagai fasilitas lainnya yang memberikan hiburan kepada orang yang memilikinya. Sebut saja dengan kita bisa memutar video di komputer dan kita pun dapat memainkan game di komputer. Setiap komputer selalu memiliki sistem operasi sehingga bisa menjalankan software yang dimilkinya. Beberapa contohnya yakni ada sistem operasi windows, MAC, dan linux. Meski pun saat ini sudah menjamur berbagai merk smartphone yang telah banyak digunakan di masyarakat. Di dalamnya pun bisa digunakan untuk memutar video baik secara online maupun offline. Namun, karena layarnya kecil maka memutar video dengan memakai smartphone dirasa kurang nyaman. Sebagian orang ingin melihat video dengan ukuran yang lebar.

Umunya setiap komputer ketika kita baru saja membelinya di dalamnya ada fasilitas software pemutar video. Tanpa ada software bawaan ini maka kita tak akan bisa memutar video di komputer terkecuali kita menginstal software yang baru. Ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk memutar video. Memutar video dengan mengandalkan software bawaan dari komputer kadang dirasa kurang memuaskan. Diantara sebab kurang memuaskan itu, misalnya software tidak mampu mendukung seluruh jenis file format video dan audio, tidak bisa memutar video secara terus menerus dengan tak berhenti, dan tampilan yang dirasa kurang cocok dengan selera kita. Sehingga mesti mencari software yang lain agar kita bisa memutar video dengan lebih baik lagi.

Ada beberapa jenis aplikasi pemutar video di komputer yang bisa kita gunakan. Semuanya tentu punya keunggulan masing-masing. Format video yang bisa diputar pun akan sangat beragam. Silakan langsung saja disimak berikut ini.

  1. SM Player
    Software ini dirasakan ringan ketika dipakai di komputer. Bisa digunakan untuk sistem operasi linux serta windows. Fitur yang ada di dalam software ini diantaranya: softwarenya sangat cepat serta ringan diinstal, banyak format audio serta video yang bisa diputar dengan software ini, mendukung equalizer, dan tampilannya pun bagus. Beberapa format video yang didukung oleh software ini, antara lain:
  • 5 (Pro), Xvid
  • MPEG-4 ASP in all variants including DivX ;-), OpenDivX (DivX4), DivX
  • Windows Media Video 9 (WMV3) (using x86 DLL)
  • MPEG-4 AVC aka H.264
  • HuffYUV
  • MJPEG, AVID, VCR2, ASV2 and other hardware formats
  • MPEG-1 (VCD) and MPEG-2 (SVCD/DVD/DVB) video
  • Sorenson v1/v3 (SVQ1/SVQ3), Cinepak, RPZA and other QuickTime codecs
  • RealVideo 3.0 (RP8), 4.0 (RP9) (using Real libraries).
  1. Media Player Classic Home Cinema
    Pemutar video ini sudah banyak dikenal. Sekarang pun masih banyak yang menggunakannya. Beberapa format video yang bisa diputar pada software ini, antara lain:
  • MP4
  • MKV
  • WAV
  • FLV
  • AAC.
  1. KM Player
    Tampilan softwarenya sangat sederhana sekali. Kita bisa menggunakannya dengan amat mudah. Hampir semua format video bisa diputar di software ini. Mengenai tampilannya amat menarik dan sederhana. Software ini juga mendukung resolusi 4K, 8K, UHD, 60 FPS untuk windows 64 bit dan mendukung subtitle.
  2. VLC Player
    Software ini juga bisa mendukung hampir seluruh format audio dan video yang ada. Keunggulan lainnya, skin pada software ini dapak diubah. Penggunaannya pun sangat mudah dan ringan. Sangat cocok untuk segera diinstal di komputer kita.

Demikian semoga uraian tentang aplikasi pemutar video di komputer ini bermanfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*