Inilah Bacaan Al-Quran Surat Al-Kautsar

Kita mungkin sudah sering mendengar bacaan Surat Al-Kautsar ini. Misalnya di kala menjadi makmum pada shalat berjamaah lima waktu. Saat shalat berjamaah terkadang imam membaca Surat Al-Kautsar ini. Termasuk bagian dari surat-surat yang pendek di dalam juz ketiga puluh atau sering disebut sebagai juz ‘amma. Jumlah ayatnya ada 3. Sedikitnya jumlah ayat ini menjadikan anak-anak cepat untuk menghafalkannya. Ketika mereka berlatih shalat wajib maka yang dibaca sesudah surat Al-Fatihah yaitu surat tersebut.

Surat ini termasuk surat yang ke-108 di dalam Al-Quran. Sangat penting untuk kita mengetahui bacaan dari Surat Al-Kautsar dari ayat 1 hingga 3. Nah, berikut ini silakan bisa langsung disimak.

Kemudian untuk latinnya yakni:

  1. Innaa a’thoinaa kalkautsar.
  2. Fa sholli li robbika wanhar.
  3. Inna syaa ni aka huwal abtar.

Sedangkan untuk terjemah atau artinya adalah:

  1. Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.
  2. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).
  3. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Pada surat ini terdapat perintah yang sangat agung. Kita sebagai kaum muslimin diperintahkan untuk mengerjakan ibadah shalat karena Allah subhanahu wa ta’ala. Kemudian kita pun diperintahkan juga untuk melaksanakan ibadah kurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Semua ibadah tersebut dilakukan guna menjadikan diri kita hamba yang mendapat keridhaan dari Allah subhanahu wa ta’ala.