Persiapan Sebelum Membeli Hewan Kurban

Mendekati satu bulan hari raya idul adha maka sudah ramai dengan berbincang masalah memilih hewan kurban. Saat duduk di angkringan pun sudah mulai pembicaraan mengenai hewan kurban. Di negeri kita yang banyak dipakai untuk kurban ialah sapi dan kambing. Maka banyak orang yang berbincang-bincang tentang harga sapi dan kambing. Tidak jarang orang awam pun ikut memberi komentar. Tentu saja berkomentar tentang hewan kurban itu. Ramainya pembicaraan tentang hewan kurban ini karena begitu semaraknya ibadah kurban ini.

Persiapan Sebelum Membeli Hewan Kurban

Seorang yang hendak melakukan ibadah kurban maka perlu melakukan persiapan jauh-jauh hari. Mengenai waktunya bisa setahun sebelumnya atau beberapa bulan sebelum hari H. Namun, semakin agak lama maka itu akan semakin baik. Jika terlalu dekat dengan hari raya idul adha maka persiapan tersebut bisa dianggap kurang matang. Pertama yang harus diniatkan memang niat di dalam hati. Bahwasannya pada tahun tersebut akan menjalankan ibadah penyembelihan hewan kurban. Masalah niat letaknya ada di hati. Orang lain tidak akan pernah mengetahui isi hati kita. Demikian pula kita pun juga tidak akan pernah mampu mengetahui isi dari hati orang lain.

Persiapan selanjutnya yakni kita perlu mengumpulkan sejumlah uang. Dari uang yang kita kumpulkan itu maka kita bisa membeli hewan kurban. Kisaran harga untuk domba dan kambing antara Rp 1,3 juta hingga 3 jutaan. Kalau sapi harganya berkisar antara Rp 17 juta sampai ratusan juta rupiah. Memang begitu bermacam-macam harga sapi itu. Untuk mengumpulkan sejumlah uang memang kita perlu menabung. Sedikit demi sedikit akhirnya nanti akan menjadi bukit. Tidak masalah dalam sebulan kita menabung lima puluh atau seratus ribu rupiah. Semuanya nanti akan terkumpul sejumlah uang yang bisa cukup untuk membeli hewan kurban terbaik.

Persiapan lainnya yang tidak boleh ditinggalkan yang mencari atau membeli hewan kurban. Jika kebetulan kita seorang peternak kambing atau sapi maka tak perlu kita membeli. Cukup memilih saja yang ada di kandang. Namun, kenyataannya hanya sedikit orang yang berprofesi menjadi peternak. Itu bila dibandingkan dengan aneka profesi yang lainnya. Maka membeli hewan menjadi hal yang paling banyak dilakukan. Untuk itu kita perlu mengetahui cara memilih hewan kurban dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang mesti diperhatikan kala hendak memilih dan membeli hewan kurban.

  1. Melihat jenis hewan kurban
    Ini yang paling penting untuk pertama diperhatikan. Jenis hewan kurban yang disyariatkan ialah unta, sapi, kambing, dan domba. Ketika kita hendak berkurban maka kita cukup memilih hewan-hewan tersebut. Tidak diperbolehkan memilih hewan yang lainnya. Misalnya ada orang yang ingin berkurban dengan bebek karena masyarakat di sekitarnya lebih suka dagingnya. Meskipun menyembelih bebek sebanyak ribuan ekor maka tidak sah untuk berkurban. Meski pula harga bebek ribuan ekor itu sudah lebih mahal dari pada harga kambing.
  2. Tidak boleh cacat
    Hewan kurban yang akan kita pilih dan beli tak boleh cacat. Harus benar-benar sehat. Nah, untuk kategori yang dimaksud cacat ini bila buta matanya, jelas hewan itu sakit, sangat kurus, dan pincang. Keempat hal itu tidak boleh terdapat di dalam hewan kurban yang akan kita pilih.
  3. Sudah memenuhi syarat umur
    Syarat umur juga penting untuk diperhatikan. Tidak hanya masalah gemuk atau kurus saja mengenai hewan kurban itu. Untuk unta maka paling sedikit sudah berusia lima tahun. Kemudian untuk sapi sudah berusia paling sedikit dua tahun. Untuk kambing paling sedikit sudah berumur 1 tahun dan khusus untuk domba sudah berumur paling sedikit enam bulan.
  4. Membeli dari tempat yang terpercaya
    Masuk mendekati musim haji akan mudah kita saksikan orang yang menjual hewan kurban. Tidak terkecuali itu perorangan atau sekelompok orang. Pastikan kita memilih tempat atau penjual yang sudah terpercaya dalam hal kualitas hewan maupun pelayanan yang lainnya. Kebersihan lokasi penjualan hewan kurban pun mesti menjadi bahan pertimbangan karena bersih tidaknya lokasi penjualan hewan bisa berpengaruh kepada kesehatan hewan tersebut. Dengan membeli dari tempat yang baik ini akan terbantu dalam mendapatkan hewan kurban pilihan. Pilih pula penjual yang mau memberi fasilitas penitipan sampai hari mendekati idul adha. Termasuk memilih penjual yang mau mengantar hewan kurban tersebut sampai ke rumah kita atau lokasi penyembelihan yang ditentukan.

Cara praktis tersebut perlu menjadi perhatian kita semuanya. Jangan sampai nanti kita menyesal telah membeli hewan kurban dan membawanya ke rumah. Namun, di rumah malah mengetahui bahwa hewan kurbannya tidak memenuhi syarat atau setidaknya tak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*