Tips Agar AC Awet dan Hemat Listrik

Agar AC Awet dan Hemat Listrik

Ruangan yang ada AC menjadi amat nyaman. Orang yang berada di dalamnya akan begitu betah. Tidak pernah terasa gerah di sana. Maka memasang AC di rumah menjadi pilihan bagi banyak orang. Harga tidaklah begitu menjadi masalah yang berarti bagi banyak orang. Yang terpenting adalah ruangan baik itu rumah atau kantor yang ditempatinya menjadi nyaman dan enak untuk ditempati.

Orang yang ada di ruangan ber AC akan lebih produktif melakukan aktivitas apa pun. Hal itu disebabkan mereka tidak terganggu dengan suhu udara yang panas. Mau belajar atau pun bekerja akan tetap lancar jaya. Bahkan aneka peralatan elektronik yang berada di ruang ber AC akan lebih awet lho. Mengapa demikian? Karena suhu panas dari segala alat elektronik itu dapat diminimalisir oleh pendingin di AC.

Kita sering menggunakan laptop di ruangan ber AC. Dinginnya suhu di ruangan akan menjadikan laptop tetap lebih dingin dan tidak mudah panas. Komponen laptop pun akan lebih bagus kinerjanya dan awet nantinya. Tetapi mungkin memang diakui bahwa kalau kita menggunakan AC akan menjadikan tagihan listrik di naik. Kita harus bayar lebih banyak dibanding sebelum kita memasang AC.

Perhatian kita akhirnya mencari tahu bagaimana bisa tetap hemat listrik. Meski pun menggunakan AC tetap saja ingin biaya bulanan listrik tidak begitu naik tajam. Kalau lebih mahal maka itu hal yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, kalau kita ingin agar naiknya tagihan listrik tidak meroket maka itu bisa kita cari caranya. Berikut ini ada beberapa tips agar AC awet dan hemat listrik. Silakan disimak.

  1. Ruangan mesti tertutup rapat kala AC dinyalakan
    Harus dilakukan oleh kita yang ada di ruangan yang menggunakan AC adalah menutup ruangan secara rapat. Tidak boleh ada celah yang menjadikan udara di ruangan bocor keluar. Kalau hanya celah kecil yang sulit untuk ditutup tidaklah masalah sih. Namun, kalau jendela misalnya terbuka maka harus segera ditutup. Kalau ruangan tertutup dengan baik maka suhu udara yang disetting pada remote dapat tercapai maksimal. Kinerja dari AC pun menjadi efisien dan efektif. Tentu hal ini akan menghemat energi listrik serta mesin AC pun akan lebih awet.
  2. Tidak sering mematikan AC dan menghidupkannya
    AC berbeda dengan lampu. Kalau lampu maka bisa kita hemat dengan menghidupkan dan mematikannya kala kita keluar ruangan. Tidak punya dampak signifikan kepada peningkatan energi listrik di lampu. Lain lagi dengan AC. Kalau kita hanya keluar ruangan sebentar maka tidak perlu mematikan AC. Lalu masuk ruangan lagi harus menyalakannya. Ini tentu menjadikan kita tambah kegiatan di samping memang kurang bagus pada AC. Energi listriknya akan menjadi lebih boros dan di akhir bulan tagihan listriknya bisa membengkak. Hal ini disebabkan karena butuh daya yang lebih besar untuk membuat kompressor menyala pertama kali, dibandingkan untuk membuat AC menyala secara konsisten. Perlu teman-teman ketahui bahwa daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan kompressor bisa sampai 20-30% lebih besar. Selanjutnya baru perlahan terus turun ke batas normal.
  3. Pilihlah settingan fan speed di mode paling rendah atau menggunakan auto
    Pada umumnya AC zaman sekarang ini menyediakan pengaturan fan speed ada yang 3 tingkat, dan ada juga yang 5 tingkat. Akan lebih baik kita gunakan fan speed yang paling rendah atau di tengah – tengah saja. Karena pengaturan fan speed yang tinggi akan membuat kerja kompressor lebih keras dan menjadi lebih boros listrik. Bisa juga dengan menggunakan auto.
  4. Pastikan selalu rutin melakukan servis AC
    Sering servis menjadikan AC kita tetap bekerja secara normal. Kalau bekerjanya normal maka energi listrik yang dipakai oleh AC pun akan normal pula. Hal lain mengapa harus rutin servis dikarenakan kita ingin awet AC nya.

Semoga bermanfaat tips sederhana ini buat teman-teman semuanya.