Tips Agar Kabel Listrik Tak Mengancam Keselamatan Di Rumah

Kabel Listrik Aman

Pemasangan kabel listrik di rumah menjadi hal penting untuk diperhatikan. Kita tidak boleh menganggap hal ini sepele. Pemasangan pun hendaknya tidak asal-asalan. Harus benar-benar sesuai prosedur yang sudah ditetapkan. Keselamatan menjadi prioritas yang tidak boleh dilupakan oleh siapa pun. Kita perlu memastikan kabel listrik yang dipakai pada instalasi listrik di rumah benar-benar aman.

Kabel listrik yang kita gunakan harus bagus. Mesti mungkin harganya sedikit lebih mahal dibanding kabel listrik yang biasa-biasa saja. Pengerjaannya pun bisa dengan orang lain yang ahli atau kita sendiri saja yang melakukannya sendiri. Kala kita punya kemampuan untuk mengerjakan pemasangan kabel listrik di rumah maka itu lebih baik. Kita tentu akan lebih percaya diri karena dari segi kabel yang dipilih akan benar-benar bagus yang dipilih. Proses mengerjakannya pun akan berhati-hati dalam rangka menghasilkan hasil yang terbaik.

Ada beberapa tips agar kabel listrik tak mengancam keselamatan di rumah. Berikut ini tipsnya:

  1. Mengetahui ukuran kabel listrik
    Kita perlu pastikan ukuran kabel listrik yang tepat. Sesuaikan ukuran kabel dengan jumlah ampere yang dibutuhkan. Ukuran kabel ini mesti sesuai dengan nilai ampere yang dibutuhkan.
  2. Memahami kode warna listrik
    Teman-teman perlu mengetahui bahwa kode warna pada kabel listrik berkaitan dengan besarnya ukuran kawat konduktor yang berada di dalam kabel dan daya yang dimilikinya. Misalnya kabel listrik NYM berwarna putih berukuran 3 x 2,5 mm untuk daya maksimal 900 VA, sementara ukuran 3 x 4 mm berfungsi untuk daya maksimal 5500 VA. Kode warna juga berkaitan dengan standar kegunaannya. Di dalam arus bolak-balik (AC) misalnya, kabel berwarna hitam untuk sumber arus, sedang untuk kabel yang berwarna biru untuk konduktor netral, dan kabel hijau untuk grounding atau penahanan.
  3. Proses pemasangan kabel
    Lepaskan plastik yang melingkupi selubung logam kabel dalam pemasangan. Tetapi harus dilakukan tidak asal-asalan. Harus dikerjakan dengan berhati-hati agar tidak sampai merusak inti logam dari kabel tersebut.
  4. Gantilah kabel listrik yang rusak
    Jika ada kabel listrik yang sudah rusak atau terkelupas maka sebaiknya diganti saja. Tidak memungkinkan untuk memakai kabel listrik yang rusak. Tidak boleh dipaksakan untuk menggunakan kabel listrik yang rusak.
  5. Pakailah pipa konduit
    Ini memang kadang tidak terpikirkan oleh banyak orang. Padahal, ini hal yang sangat penting. Ketika kita menggunakan banyak kabel di dalam rumah maka perlu sekali menggunakan pipa konduit. Harapannya dengan menggunakan pipa tersebut maka jalur instalasi listrik tetap rapi dan perlindungan yang jauh lebih aman. Di rumah terkadang kita ketemukan hewan pengerat yang berbahaya bagi kabel. Oleh karena itu, pemasangan pipa konduit ini akan membuat kabel menjadi lebih aman.

Demikian beberapa tips penting agar kabel listrik aman dipasang di rumah kita. Kabel listrik tidak bisa digantikan dengan yang lain. Maka tiap orang akan sangat memerlukannya.