Tips Agar Menjaga Mobil Bekas Harganya Tinggi

Agar Menjaga Mobil Bekas

Punya mobil bekas tidaklah masalah. Mobil bekas yang kita beli harganya lebih terjangkau dibandingkan kita membeli mobil yang baru. Kalau mobil yang baru harganya jauh lebih mahal. Kita yang punya uang pas-pasan tentunya akan lebih memilih membeli mobil bekas. Meskipun mobil bekas tetapi bisa tetap bagus dan nyaman dipakai. Asalkan kita perlu memilih dengan baik saat hendak membelinya.

Pilihlah mobil bekas yang masih lengkap fasilitasnya. Ketika berjalan pun tidak ada masalah berarti. Bahkan bisa hampir menyamai kenyamanan mobil baru. Kalau bisa sama mungkin tidak mungkin. Akan tetapi, ada kok mobil bekas yang nyaman dipakai. Setidaknya gak jauh sekali kondisinya dibanding dengan mobil yang baru.

Ada anggapan bahwa kalau mobil bekas itu nanti dijual akan hancur harganya. Tidak laku dijual. Atau kalau pun laku harganya akan jatuh alias sangat murah. Kalau seperti itu tentu kita akan merasa rugi besar jika membeli mobil bekas. Namun, tidak seluruh mobil bekas akan bernasib seperti itu kala dijual. Bisa saja mobil bekas harganya tetap bagus kala nantinya dijual. Harga jualnya tetap tinggi.

Ada beberapa tips agar kita bisa menjaga mobil bekas harganya tetap tinggi. Jadi, tidak setiap mobil bekas bisa dijual dengan harga tinggi. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan supaya harga sebuah mobil bekas bisa tinggi. Berikut ini beberapa tipsnya:

  1. Mobil selalu rutin untuk dirawat
    Bila kita punya mobil bekas maka hendaknya selalu dirawat. Rutin untuk pergi ke bengkel mobil pada kurun waktu tertentu. Ini dilakukan agar kondisi mobil bekas yang kita miliki tetap selalu terjaga di kondisi terbaiknya. Bahkan hal ini mesti dilakukan secara disiplin. Tiap mobil berjalan sampai kilometer tertentu maka harus pergi ke bengkel untuk menjalani pemeriksaan mesin dan lainnya. Kalau ada kerusakan maka sang montir akan segera memberitahu kita dan bengkel bisa memperbaikinya. Keluar bengkel akan menjadi normal kembali.
  2. Ganti oli secara disiplin
    Oli merupakan cairan di mesin yang hendaknya selalu diperhatikan. Tingkat gesekan di dalam mesin dapat dikurangi dengan adanya oli mesin ini. Termasuk oli bermanfaat untuk membuat anti karat di dalam mesin, membersihkan kotoran yang ada di mesin, sebagai pendingin dan membantu proses peredaman getaran. Pada kurun waktu tertentu oli akan menurun kualitasnya. Harus segera diganti dengan yang baru. Kalau tidak diganti maka akan kurang nyaman mobil berjalan. Bahkan kalau terlalu lama tidak diganti oli akhirnya akan membuat kerusakan pada mesin. Untuk melakukan ganti oli kita tidak harus pergi ke bengkel mobil. Kita bisa melakukannya sendiri kalau punya alat bantunya. Tetapi, jika kita membawa ke bengkel mobil tentu akan lebih mudah dan praktis.
  3. Rutin mengecek aki mobil
    Aki mobil menjadi komponen penting. Sistem kelistrikan di dalam mobil tidak bisa terlepas dari komponen aki. Jika terjadi kerusakan atau penurunan daya pada aki maka kinerja mobil tidak bisa maksimal. Kita sebagai pemilik mobil mesti mengeceknya secara rutin. Dengan cara ini maka aki tidak akan sampai rusak. Kalau pun rusak akan ketahuan dan bisa segera diganti dengan membeli aki mobil yang baru.
  4. Mobil selalu bersih
    Ini juga penting. Pastikan mobil yang kita miliki selalu bersih. Baik itu kaca mobil maupun body mobil secara umum. Kalau kita sibuk sehingga tidak bisa membersihkan mobil maka cukup kita pergi ke tempat pencucian mobil terdekat.

Itulah tips supaya harga mobil bekas kita akan tetap tinggi saat nantinya dijual.