Tips Membeli Laptop Baru

Tips Membeli Laptop Baru

Memiliki laptop baru memang sebuah kebanggaan tersendiri. Saat ini untuk mengerjakan berbagai pekerjaan sangat membutuhkan adanya laptop. Kebutuhan akan pentingnya laptop sangatlah besar. Penjualan laptop meningkat di berbagai toko komputer. Kita yang hendak memiliki barang elektronik maka biasanya langsung membelinya. Entah dengan membayarnya secara tunai atau pun kredit. Saat kita hendak berencana membeli barang maka siapa saja akan menginginkan yang terbaik. Termasuk barang elektronik berupa laptop. Langkah yang umum dilakukan yakni dengan mencari berbagai referensi.

Orang membeli laptop memiliki beberapa tujuan atau maksud. Ia ingin mendapatkan laptop yang memiliki performance yang cepat ketika digunakan untuk bekerja. Ia pun juga menginginkan laptop yang bisa awet ketika dipakai sampai bertahun-tahun lamanya. Tidak mudah rusak dan eror saat dipakai. Harga pun diiginkan yang terjangkau alias murah. Memang ukuran murah untuk laptop berbeda dengan barang yang lain. Harga laptop yang baru di atas 2 juta rupiah.

Sebelum kita membeli laptop yang baru maka kita perlu untuk mengetahui beberapa hal penting. Mengapa demikian? Kalau kita tidak tahu tentang bagaimana cara membeli laptop maka bisa jadi kita nanti salah. Nah, silakan disimak tips berikut ini ketika kita hendak membeli laptop.

  1. Melihat berat laptop
    Setiap laptop memiliki berat masing-masing. Satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Berat laptop bervariasi. Kita diberi pilihan untuk membeli laptop dengan berat masing-masing. Ada laptop yang berat atau bobotnya hanya 1 kg dan ada pula yang lebtih dari itu. Kebanyakan orang biasanya memilih laptop yang ringan agar nyaman ketika hendak dibawa kemana-mana. Mobilitas yang tinggi mengharuskan orang harus membawa laptop ketika bepergian.
  2. Melihat ukuran laptop
    Hal ini juga masalah yang penting. Biasanya ukuran laptop ini bisa dilihat pada layarnya. Ada yang lebarnya 11, 12, 13, 14, 15, 17, dan 18 inchi dan ada pula yang lainnya. Mayoritas pembeli biasanya lebih suka ukuran laptop yang kecil karena hal itu bisa dibawa bepergian dengan lebih enak.
  3. Mengecek jenis media penyimpanannya
    Ada beragam media penyimpanan yang bisa digunakan. Media penyimpanan internal di laptop ini sangatlah penting untuk kita perhatikan sebab segala data dan program yang terinstal atau ada di laptop semua disimpan di media ini. Ada beberapa jenis media penyimpanan internal laptop, diantaranya: hardisk, eMMC, dan SSD. Kita juga perlu mengecek ukuran dari media penyimpanan ini. Berapa giga data yang bisa kita simpan di laptop sangatlah tergantung pada kapasitas media penyimpanan yang dimiliki laptop tersebut.
  4. Melihat sistem operasinya
    Kita bisa melihat laptop dari segi sistem operasinya yang dipakai. Ada sistem operasi windows, linux, mac, dan lain-lain. Semuanya diserahkan kepada anda sebagai pembeli dalam hal pemilihan sistem operasi ini.
  5. Mengecek baterainya
    Setiap baterai mempunya kemampuan masing-masing. Daya tahan baterai untuk masing-masing laptop kadang berbeda. Kita tentu membutuhkan kapasitas baterai yang besar.
  6. Melihat kapasitas RAM laptop
    Kalau laptop digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti melakukan editing video dan juga desain grafis maka kita perlu RAM yang kapasitasnya sekitar 8 GB. Jika hanya untuk pekerjaan sederhana semacam mengetik saja maka bisa dengan memilih RAM yang kurang dari itu.
  7. Memperhatikan prosesornya
    Ada dua macam prosesor yang cukup terkenal yakni intel dan AMD. Kita bisa memilih diantara keduanya.
  8. Harganya
    Kita juga perlu memperhatikan harga laptop. Jika laptop harganya murah tapi kualitasnya bagus maka kita perlu untuk mempertimbangkan membelinya.

Sangat penting tips membeli laptop baru. Sehingga kita benar-benar tepat ketika membelinya. Tak ada rasa kecewa dan menyesal di kemudian hari setelah membeli laptop yang baru itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*