Tips Menghilangkan Mengantuk Saat Mengemudi

Tips Menghilangkan Mengantuk Kala menyetir

Mengemudi mobil hampir tiap hari dilakukan. Kendaraan transportasi darat ini lebih banyak dipilih oleh masyarakat luas. Dengan pergi kemana-mana menggunakan mobil maka nyaman rasanya. Walau jauh pun tidak masalah. Di dalam mobil kita tetap aman dari panas terik matahari. Termasuk hujan pun kita tidak akan basah. Saat suhu begitu panasnya pun tidaklah masalah sebab di dalam mobil ada AC.

Namun ada sesuatu yang perlu mendapat perhatian ketika kita mengendarai mobil. Ketika mengendarai mobil kita harus konsentrasi penuh. Sewaktu menyetir mobil maka kita tidak boleh terlena sedikit pun. Hal itu agar mobil tetap bisa terkendali dengan baik. Meski beberapa detik saja tidak boleh kita lepaskan kendali dari mobil.

Satu yang perlu dihindari ialah mengantuk saat berkendara. Jangan sampai menjalankan kendaraan dalam posisi mengantuk berat. Ini akan menjadikan seseorang lepas kendali. Berbahaya tentunya. Baik bagi dirinya maupun pengguna jalan yang lainnya. Maka kita perlu mengetahui tips menghilangkan mengantuk saat mengemudi. Berikut ini tipsnya:

  1. Tidur sejenak ketika ada rasa kantuk
    Seorang yang normal tentu punya rasa kantuk. Kalau sudah rasa kantuk menyerang maka kita mesti tidak boleh memaksakan diri untuk mengemudikan mobil. Kalau memang sudah sangat mengantuk rasanya maka hendaknya tidur sejenak. Kita cari tempat untuk bersinggah sementara. Bisa pula memilih rest area untuk lebih nyamannya. Bawa mobil ke tepi. Setelah itu kita tidur sejenak. Tidak harus sampai berjam-jam tidurnya. Kita alokasikan waktu sekitar 18 menit untuk tidur rasanya sudah cukup. Saat kita tidur dalam waktu tersebut dan kemudian bangun maka badan akan lebih segar. Rasa kantuk pun akan hilang dan kita bisa melanjutkan mengemudi mobil.
  2. Tidak boleh minum obat sebelum mengemudi
    Sebetulnya ada petunjuk dari beberapa obat agar tidak diminum di saat berkendara. Banyak obat yang punya efek samping mengakibatkan rasa kantuk. Meskipun kita sudah tidur cukup atau istirahatnya cukup lalu minum obat maka tetap akan muncul rasa kantuk tersebut. Maka sedari awal harus menghindarkan diri kita meminum obat apa pun.
  3. Kenali gejala mengantuk dari awal
    Orang yang mengantuk itu ada tanda-tandanya. Ada beberapa ciri orang yang mengantuk. Beberapa ciri tersebut antara lain: begitu sering mengedipkan mata perlahan-lahan, Kelopak mata berat dan sulit berkonsentrasi, tiba-tiba memiliki pikiran kosong, kurang fokus terhadap rambu-rambu jalan, dan terlalu sering menguap. Kalau ada gejala atau tanda-tanda seperti itu maka sebaiknya segera menghentikan mobil. Sebab kalau dilanjutkan mengemudi mobil bisa berbahaya karena orang tersebut sedang mengantuk.
  4. Usahakan ada teman ngobrol saat mengemudi
    Sebaiknya kursi depan diisi orang. Jangan dikosongi. Orang yang berada di kursi depan ini bisa kita ajak untuk ngobrol sana sini. Tujuan ngobrol ini agar bisa menghilangkan rasa kantuk sang sopir. Lebih baik lagi bila orang yang diajak ngobrol ini adalah orang yang sudah akrab dengan kita sang pengemudi.
  5. Membuka jendela mobil sedikit
    Kala kaca mobil dibuka maka akan ada angin yang masuk ke mobil. Terpaan angin ini akan membuat sang sopir tidak mengantuk. Menghirup udara dari luar mobil juga menjadikan sang sopir tidak mengantuk.
  6. Sambil makan permen
    Permen yang dimakan oleh sopir sedikit banyak membantu mengatasi rasa kantuk. Maka sediakan beberapa biji permen. Harga permen pun sangatlah murah.

Moga artikel ini bermanfaat selalu. Khususnya untuk sobat pembaca.