Tips Merawat Mesin Cuci

Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Teman-teman semuanya bagaimana kabar hari ini? Baik saja bukan? Alhamdulillah kalau begitu. Ini pada kesempatan yang baik ini mau membahas mengenai tips merawat mesin cuci. Mengapa begitu penting untuk kita bahas? Namanya mesin cuci tentu sangatlah penting. Kita tidak bisa memakai pakaian bila kita tidak mencucinya terlebih dahulu. Pakaian yang kotor tentu tidak mungkin kita pakai.

Maka mencuci pakaian menjadi hal yang perlu selalu kita lakukan. Meskipun mungkin kita tidak mengerjakannya tiap hari tetapi sering kita lakukan. Agar kita bisa mencuci dengan lebih cepat sehingga efisien waktu yang kita butuhkan maka kita perlu memiliki mesin cuci. Di samping itu, kalau kita mencuci dengan mesin cuci maka tidak begitu membutuhkan energi yang begitu besar.

Jika pada saat ini, kita belum punya mesin cuci. Inilah saatnya kita membeli mesin cuci baru. Harga dari mesin cuci juga seimbang dengan begitu besar manfaatnya. Kalau harus mengeluarkan sejumlah uang demi memiliki mesin cuci maka hal itu sangatlah wajar. Tetapi bila kita ingin membeli mesin cuci maka perlu untuk memilihnya yang terbaik. Dan yang lebih penting. Jika sudah punya harus tahu tips merawatnya tiap hari. Oke, teman-teman mari kita simak tips perawatan mesin cuci yang bagus sehingga bisa tahan lama.

  1. Jangan lupa copot colokan listrik saat tak dipakai
    Ketika kita tidak sedang menggunakan mesin cuci maka kita perlu untuk tetap mencolokkannya. Sebaiknya jika sudah tidak dipakai atau sedang tidak dipakai colokkan listrik tersebut dicopot saja. Langkah sederhana ini akan sangat bermanfaat agar mesin cuci kita bisa terawat dengan baik dan awet selalu.
  2. Mencuci pakaian sesuai dengan kapasitasnya
    Pakaian yang kita cuci di mesin cuci sebaiknya harus sesuai kapasitas. Ini artinya kita mencuci pakaian dengan jumlah yang banyak tetap harus sesuai dengan kemampuan dari mesin cuci. Tidak disarankan untuk memaksakan kehendak kita. Dengan niatan agar pekerjaan mencuci menjadi bisa segera selesai langsung dimasukkan semuanya pakaian yang ada. Hal ini akan berakibat buruk kepada keawetan dari mesin cuci.
  3. Sering membersihkan tabung maupun filter
    Kita bisa melakukan cuci pakaian dengan mesin cuci dengan lancar bila mesinnya sehat. Jika kita ingin sehat selalu mesin cucinya maka kita mesti merawatnya dengan baik. Nah, satu hal yang penting dalam perawatan itu ialah sering atau secara berkala membersihkan tabung maupun filternya. Kalau kita rutin dalam membersihkannya maka mesin cuci bisa lebih awet.
  4. Tidak terlalu lama menaruh pakaian di mesin cuci
    Jika kita tidak ingin segera mencuci pakaian yang kotor maka sebaiknya kita tidak menaruh pakaian yang kotor tersebut di mesin cuci. Sebaiknya taruhlah pakaian yang kotor tersebut di tempat yang lain. Jika terlalu lama menaruh pakaian yang kotor di mesin cuci maka akan berakibat bau yang tak enak di mesin tersebut. Tentu ini akan berakibat juga ketika kita akan mencuci pakain lagi ke depannya.
  5. Ikuti pengaturan pada mesin cuci
    Ketika kita hendak mencuci berbagai jenis pakaian maka sebaiknya dipisahkan sesuai jenisnya. Untuk pengaturan mesin cuci ketika hendak mencuci jenis pakaian katun berbeda dengan pengaturan pada mesin cuci ketika mencuci jenis celana jins. Demikian juga dengan saat mencuci jenis pakaian yang lainnya. Pastikan tetap sesuai dengan pengaturan yang disarankan.

Itulah beberapa tips dalam merawat mesin cuci. Kami berharap sedikit tips tersebut bermanfaat buat semuanya.