Tips Praktis Membersihkan Karpet Masjid

tips membersihkan karpet masjid

Hari ini yang namanya karpet sangatlah penting. Barang yang satu ini sudah sangat terkenal di kehidupan masyarakat luas. Termasuk pula bagi kaum muslimin pada umumnya. Karpet menjadi alas yang sering dipasang di masjid. Produk karpet yang digunakan untuk masjid dinamakan karpet masjid. Pada saat ini, hampir semua masjid menggunakan karpet untuk alasnya. Baik itu masjid yang kecil maupun yang masjid yang memiliki ukuran yang besar. Baik itu masjid yang berada di pedesaan apalagi masjid yang ada di kota-kota besar.

Karpet menjadi barang yang sangat penting dalam hal sarana masjid. Masjid yang memiliki alas karpet tentu dirasakan akan lebih nyaman digunakan oleh para jamaah yang mendatanginya. Setiap waktu-waktu shalat wajib yang lima waktu selalu dipenuhi oleh jamaah yang melaksanakan ibadah shalat. Ada shalat subuh, dhuhur, asar, maghrib, hingga shalat isya’. Tentu saja masjid menjadi tempat ibadah yang sangat penting keberadaannya. Dalam waktu dua puluh empat jam dikunjungi minimal lima kali. Tepatnya pada waktu-waktu shalat lima waktu tersebut.

Di luar waktu shalat wajib lima waktu itu ada pula momen-momen yang mana masjid dipenuhi dengan para jamaah. Misalkan ketika adanya kegiatan pengajian rutin di dalam masjid. Tentu saja yang datang akan banyak sekali. Demikian pula ketika memasuki bulan suci ramadhan. Pada bulan tersebut, masjid lebih ramai dari biasanya. Orang-orang yang beribadah di masjid jumlahnya meningkat pesat. Pada bulan tersebut frekuensi kegiatan di dalam masjid memang lebih banyak. Ada buka puasa bersama di sore hari menjelang shalat maghrib. Sebelumnya biasanya diadakan kegiatan pengajian umum dan pengajian untuk anak-anak. Kemudian ketika malamnya juga dilaksanakan shalat tarawih berjamaah yang biasanya jumlah yang datan sampai membludak ke luar masjid.

Begitu pentingnya masjid dan juga fasilitas yang ada di dalamnya. Termasuk dalam hal ini ialah mengenai karpet masjid. Harus selalu dilakukan perawatan yang baik setiap saat. Membersihkannya menjadi satu hal yang amat penting. Sebelumnya, kita pun perlu mengetahui tips membersihkan karpet masjid dengan tepat. Kesalahan dalam cara membersihkannya bisa membuat karpet menjadi rusak dan tidak lembut lagi. Nah, kali ini kita akan membahasnya lebih jauh. Berikut ini tipsnya.
a. Karpet perlu dibersihkan secara berkala.
Jika kita ingin karpet masjid yang dimiliki itu ingin selalu bagus kualitasnya maka kita perlu merawatnya dengan baik. Kita tidak boleh melupakan proses perawatannya. Sedari awal kita membeli karpet masjid tersebut mesti sudah dibuat jadwal khusus untuk membersihkan karpet masjid secara berkala. Setiap hari sekali atau pada hari apa karpet masjid mesti dibersihkan selalu. Semakin banyak frekuensi penggunaan karpet masjid maka harus semakin banyak pula frekuensi membersihkannya.

b. Memasang keset di depan pintu masuk masjid.
Di setiap pintu masuk masjid sudah seharusnya dipasangi keset. Mengapa demikian? Dengan cara ini kita bisa meminimalisir kotoran. Ketika setiap orang yang mau masuk masjik sudah bersih kakinya dengan menginjak dan menggesekkan di keset masjid maka peluang adanya kotoran di kaki yang tertempel dan kemudian terbawa masuk masjid pun sangat kecil. Otomatis karpet masjid tidak mudah kotor dengan demikian.

c. Gunakan penyedot debu yang bagus.
Saat hendak membersihkan karpet masjid maka kita semestinya memakai alat penyedot debu atau vacum cleaner. Pastikan alat tersebut memiliki kemampuan menyedot debu yang bagus sehingga segala debu yang ada di karpet masjid bisa tersedot. Untuk membersihkan karpet dengan penyedot debu ini perlu dilakukan secara merata. Jadi tidak hanya disedot pada bagian-bagian tertentu saja namun semuanya secara rata.

d. Berilah pewangi secukupnya.
Setelah karpet masjid sudah dibersihkan dengan benar maka perlu untuk memberikan pewangi ke karpet. Tujuannya tentu agar karpet masjid mengeluarkan wewangian yang akan membuat lebih nyaman dipakai.

e. Gulung karpet bila tidak dipakai.
Jika karpet masjid sedang tidak dipakai maka sebaiknya digulung saja. Kemudian disimpan dengan baik. Tidak hanya digulung saja. Sebaiknya pula gulungan karpet tersebut dimasukkan ke kantong plastik yang besar sehingga tidak akan terkena debu.

Demikian tipsnya. Sangat praktis dan mudah untuk dijalankan.